Kepo dengan perpusnas... 😊



First impression here πŸ˜Š



Ceritanya lagi ada dinas ke Jakarta, dan ada satu hari dimana kegiatannya sudah selesai, dan daripada pulang pagi, aku memilih flight jam 17.00, sengaja karena pengen banget mengeksplore perpustakaan nasional yang katanya kece itu.
Oke, langsung aja cerita dari A-Z nya informasi yang aku dapet disana, yang cuma 2 jam itu. Gak maksimal sih tapi lumayan untuk perdana jadi aku tahu alurnya.
Dari hotel aku naik taksi online promo cuma 4 ribu (bahagia banget ), aku sengaja cari hotel deket perpusnas alias pusat kota, biar bisa bulak balik dan gak khawatir bakal telat pulangnya.

Turun di depan perpusnas, trus aku tanya satpam dimana pintu masuk ke gedung perpusnas ternyata masuk sebuah rumah terus keluar barulah keliatan perpusnas yang lumayan tinggi itu, aku bilang tinggi karena ada 25 lantai.



Ini pertama kalinya masuk perpusnas jadi yah bingung banget... hahaha...

Sudah masuk gedung tinggi itu langsunglah  nanya mbak mbak cantik yang jaga di meja informasi, bukunya ada dimana, terus aku harus kemana dulu. Nah, dari mbaknya aku diminta menitipkan tas yang aku bawa ke ruangan penitipan tas, jadi kita tuh dikasih kunci loker dan kita amanin barang kita disana. Andai barang yang kita bawa itu banyak misal laptop, buku dll kita disediain bag transparan gitu.


gambar masuk ruang penitipan barang

gambar bag transparannya


Setelah itu sesuai petunjuk mbaknya aku ke lantai 2 buat bikin kartu anggota, bikin kartunya lewat komputer gitu nanti tinggal print di meja petugas sesuai nomor urut antrian seperti di bank gitu. Saat aku mau buat kartunya, jaringannya eror alhasil aku gak jadi buat kartunya.

komputer buat kartu anggota


Next aku nanya bukunya ada dilantai mana, dan aku diarahin ke lantai 21 disitu buanyk banget buku-buku kece dan kita bisa seacrh judul buku yang kita mau di komputer yang disediakan, nah berhubung jaringannya tadi rusak jadi ya udah aku kelilingin aja tuh buku buku, cari yang menarik. Terus naik tangga kelantai selanjutnya, disitu aku liat buku agama, seni, manajemen, psikologi, sampe ada buku kang Abay juga ada disitu.



Ini info lantai yang ada di perpusnas


Setelah jam 11 aku bergegas balik ke bawah karena ada satu tujuan lagi yang mau aku samperin dan mengejar waktu check out hotel.
Sampe lantai 2 aku lihat jaringannya udah bener dan aku langsung aja ikutan cetak kartu disana, karena aku sudah pernah daftar online dulu namanya pnri.go.id (perpustakaan negara Republik Indonesia), jadi sekarang aku tinggal update data, foto (mirip foto SIM atau e-KTP) gak lama print,,, selesai deh.

Ini kartunya 😊



Selanjutnya, aku ambil barang yang tadi dititip di loker, dan bergegas pulang.

Nah, itu aja sharing aku tetang pertama kalinya menginjakan kaki di perpusnas alias perpustakaan nasional, semoga bermanfaat buat kamu yang juga pertama kali kesana.
Kesan aku disana, senang dan bahagia banget tempatnya cozy, tenang, bisa dapet banyak inspirasi, andai itu ada di Lampung sering sering deh aku kesitu... berharap perpus provinsi yang lagi dibangun sekarang se-cozy itu kalau sudah jadi.







Comments

Popular Posts